Menu Close

Grojogan Sewu Yang Indah Dengan Mitos Jembataan Pisah

grojokan sewu atau sering disebut juga dengan air terjun seribu ini menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Di sana anda juga akan menemukan mitos yang menarik.

Berlibur di air terjun banyak menjadi pilihan destinasi wisata bagi siapa saja. Ada banyak hal menyenangkan yang bisa di dapatkan ketika berkunjung ke sana. Jika anda ingin menikmati indahnya air terjun yang masih alami dan sangat indah maka anda bisa memilih grojokan sewu. Air terjun ini sangat menarik karena memiliki ketinggian yang sangat tinggi yakni mencapai 80 meter. Selain itu, di sekitar air terjun terdapat tebing yang mengelilingi sehingga semakin terasa sekali suasana alam yang sejuk dan juga penuh dengan keindahan. Lokasi air terjun ini ada di wilayah kecamatan tawangmangu, kabupaten karang anyar, jawa tengah. Lokasi ini sangat dekat dengan lereng gunung lawu.

Air terjun ini sebenarnya merupakan bagian dari kawasan konservasi alam gunung lawu yang di kelola oleh desa. Untuk bisa sampai ke air terjun ini anda harus melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan jalanan yang cukup sulit. Perjalanan yang anda lakukan akan menjadi perjalanan yang cukup melelahkan namun jika sudah sampai ke lokasi utama, semua lelah akan terbayarkan dengan indahnya curug tersebut. Untuk sampai ke air terjun ini, anda harus menyusuri anak tangga sebanyak 1250 anak tangga. Bisa anda bayangkan sendiri betapa jauh nya curuk tersebut. Namun bagi yang senang dengan alam maka perjalanan tersebut justru menjadi tantangan yang sangat menyenangkan untuk di taklukkan.

Beristirahat di gazebo

Saat anda menyusuri jalan untuk menuju ke air terjun maka anda akan membutuhkan tempat untuk beristirahat. Perjalanan yang harus di tempuh memang cukup terjal karena medannya yang tidak rata. Jika anda merasa lelah, anda bisa beristirahat di gazebo yang di sediakan untuk para pengunjung. Di sana, anda bisa beristirahat dengan santai sambil menikmati bekal makanan atau minuman yang anda bawa. Gazebo yang tersedia cukup banyak karena untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang juga banyak. Berlibur di tempat yang menantang seperti ini akan sangat menyenangkan dan memberikan anda pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Sebagai tempat konservasi, hutan di sekitar air terjun ini banyak dihuni oleh satwa-satwa liar seperti monyet. Di sepanjang perjalanan kaki anda menuju ke air terjun, anda akan menemukan banyak monyet lucu yang akan membuat perjalanan semakin tidak membosankan. Meskipun di sana anda akan melihat banyak monyet, anda perlu untuk selalu berhati-hati dan jaga jarak dengan monyet karena nantinya mereka bisa mengganggu anda meskipun monyet di sana sudah terbiasa dengan pengunjung yang datang. Usahakan untuk tidak memberi makan secara sembarangan karena monyet di sana dijaga dengan baik. Tiket masuk grojogan sewu adalah sekitar 10.000 rupiah. Jika anda menggunakan mobil maka biasanya akan dikenakan biaya 15.000 untuk satu rombongan mobil kecil.

mitos yang ada di grojokan sewu

Bagi para pengunjung yang akan berlibur ke grojokan ini perlu untuk mengetahui mengenai mitos grojogan sewu tawangmangu. Di grojokan tersebut terdapat jembatan yang bernama jembatan pisah. Jembatan ini konon bisa membuat pasangan kekasih yang datang kesini namun belum ada ikatan pernikahan nantinya ikatan pacarannya akan kandas. Mitos ini tidak berlaku untuk pasangan yang sudah menikah. Jadi jika anda ingin datang ke grojokan ini sebaiknya bersama dengan keluarga atau teman anda saja dan jangan mengajak kekasih yang masih belum halal.

Asal usul grojogan sewu tawangmangu ini bisa anda ketahui dengan bertanya kepada masyarakat di sana. Grojokan sewu memiliki arti sebagai air terjun seribu. Di sana memang bukan hanya ada satu air terjun saja namun ada air terjun lain namun dengan ukuran yang lebih kecil sehingga terkesan sangat banyak. Air yang jatuh ke bawah juga begitu indah sehingga grojokan ini benar-benar akan memanjakan mata para pengunjung yang datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *