Menu Close

Curug Malela Bandung, Surga Dunia Kota Bandung

curug malela bandung, surga tersembunyi versi bandung yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan dan menyimpan misteri.

Berlibur ke kota Bandung tidak akan ada rasa bosannya. Kota Bandung seakan tak ada habisnya dalam memberikan referensi tempat-tempat wisata terbaiknya, salah satunya yaitu Curug Malela Bandung. Dengan keindahaannya yang eksotis membuatnya dianggap sebagai air terjun Niagara versi mini yang berkilau. Tentunya sangat menakjubkan ukan untuk tempat wisata yang satu ini ? Nah, untuk lebih lanjut lagi mengenai wisata ini, simak terus ulasannya hingga akhir.

Curug Malela Bandung, dari tiket hingga misteri menyeramkan

Air terjun Malela memiliki lima buah jalur air terjun yang nantinya akan terlihat secara jelas keindahan dan kemegahannya oleh para pengunjungnya, terlebih lagi saat debit air tersebut cukup besar, maka akan tampak lebih bagus. Keindahan tersebut juga tetap terlihat meskipun dilihat dari jarak yang jauh dan akan tampak seperti benang-benang sutra halus yang berkilau tengah bersinar. Selain itu di bagian pinggir sebelah kanan pengunjung akan melihat bentuk tebing yang memiliki ukuran cukup tinggi dan eksotis warna putih dan akan mengarahkannya ke bawah air terjun tersebut. Untuk tiket masuk Curug Malela, harganya cukup terjangkau dan tidak menguras banyak isi dompet, yakni hanya sebesar 10 ribu per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan pembayaran yang lain seperti jasa ojek yang bersedia antar jemput hingga pulang dari gerbang yang mematok ongkos 50 ribu jika menggunakan ojek.

Air terjun Malela Bandung memiliki tinggi 60 meter dan lebarnya 70 meter, sehingga pengunjung dapat bermain-main sepanjang aliran sungai yang berada di bawah air terjun tersebut seperti berenang. Selain itu pengunjung juga dimanjakan dengan sentuhan butiran air terjun yang tampak seperti tengah melayang. Betapa indahnya pemandangan tersebut di alam terbuka seperti di Bandung ini. Lokasi Curug Malela terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Pengunjung membutuhkan tenaga dan tubuh yang prima agar selama perjalanan ke wisata ini dapat maksimal. Pada dasarnya untuk mengunjungi wisata ini terbilang cukup susah, jadi harus memiliki tenaga tubuh yang benar-benar fit.

Beralih pada rute jalan menuju Curug Malela, jika pengunjung datang dari kota Bandung, pengunjung dapat menempuh perjalanan kira-kira tiga jam perjalanan. Untuk sampai ke kawasan air terjunnya pengunjung harus berjalan dengan jarak yang cukup jauh, hal tersebut dikarenakan daerah tersebut jauh dari keramaian kota. Oleh karena itu, agar perjalanan seru dan tidak kesepian, datanglah ke tempat wisata tersebut dengan ramai-ramai bersama keluarga maupun sahabat.

Namun dengan keindahan yang disajikan kepada pengunjung, ternyata tempat ini menyimpan misteri yang menyeramkan. Misteri Curug Maleha itu terjadi jika ada pengunjung yang pertama kali datang akan kesulitan menemukan curug tersebut karena lokasi ini tidak begitu terkenal oleh warga sekitar. Namun pengunjung bisa bertanya pada tukang ojek yang akan mengantar hingga ke lokasi. Selain itu lokasi yang tampak sunyi dan asing akan air terjun membuat misteri tersendiri.

Selain itu ada pula mitos Curug Malela yang menyebutkan bahwa jika ada wisatawan baru datang, ada penduduk setempat yang biasanya mengatakan bahwa wisatawan tersebut harus hati-hati, tetapi hanya mengatakan “hati-hati di bawah” dan tidak diteruskan lagi kata-kata tersebut. Namun percaya atau tidak, bahwa mungkin dari perkataan itu mengingatkan bahwa wisatawan harus hati-hati jika melewati bebatuan bawah air terjun, karena tidak tahu seberapa derasnya air terjun itu akan mengalir. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada dan hati-hati saat berlibur terutama juga di tempat wisata wahana air seperti Curug Malela Bandung. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *